PT Itama Ranoraya Tbk Tingkatkan Kepedulian Buat Sesama
Gulirkan Kembali Semangat Donor Darah
Jakarta, 3 Desember 2021 – Bertempat di MTH Square, Jumat (3/12), PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA) berkolaborasi dengan PMI DKI Jakarta dalam kampanye BE THE 1TM untuk mengadakan kegiatan donor darah yang berlangsung dari pukul 13.00 WIB sampai selesai.
BE THE 1TM adalah kampanye global untuk menciptakan gerakan donor darah dalam upaya meningkatkan jaminan ketersediaan suplai darah dan plasma, termasuk memastikan ketersediaan pasokan darah saat dibutuhkan pasien, yang hidupnya bergantung dari transfusi.
Sebelumnya kegiatan serupa sudah dilaksanakan oleh IRRA pada 24 September 2021, yang sebagai tahap awal secara berkala programnya akan berlangsung tiga bulan sekali sampai Desember 2022. Nantinya diharapkan kegiatan sejenis akan diadakan secara berkelanjutan dan programnya dapat diduplikasi di tempat-tempat lain.
Direktur PT Itama Ranoraya Tbk Hendry Herman menjelaskan, kegiatan kemanusiaan ini merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah agar ketersediaan darah terjaga optimal sehingga dapat menekan angka kematian akibat kekurangan darah.
Selama masa pandemi hampir 2 tahun terakhir, stok darah di Unit Donor Darah (UDD) menurun drastis, karena kegiatan donor darah yang biasanya diadakan di sejumlah kantor, lembaga, dan instansi tidak dapat dilaksanakan, terkait keharusan bekerja dari rumah untuk menghindari terjadinya penyebaran virus Covid-19 yang lebih masif.
“Itu sebabnya kami fokus meningkatkan kembali kepedulian terhadap sesama melalui aksi donor darah, yang sebelumnya diadakan secara rutin di sejumlah kantor dan instansi.”
Hendry menambahkan target yang dipatok untuk sekali kegiatan donor darah berkisar antara 200 sampai 300 kantong darah. Karenanya selain diikuti oleh para karyawan IRRA di seluruh Indonesia, kegiatan ini juga dapat diikuti oleh masyarakat umum di sekitar IRRA berada.
Menginspirasi Perusahaaan Lain
Sementara itu Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi secara terpisah mengemukakan harapannya, agar kegiatan semacam ini menggerakkan juga inisiasi perusahaan dan lembaga (instansi) lainnya melakukan donor darah secara rutin setiap dua bulan sekali. Dengan demikian kebutuhan stok darah di PMI DKI Jakarta 1.000 – 1.200 kantong per hari dapat terpenuhi.
“Unit Donor Darah PMI DKI Jakarta selama masa pandemi mengalami krisis stok darah, sementara kebutuhan permintaan darah dari rumah sakit terus ada. Karena memang pasien dengan penyakit seperti thalassemia, kanker, hemofilia secara rutin membutuhkan transfusi darah. Selain beberapa kondisi pasien lain yang sesegera mungkin memerlukan darah tambahan.”
Banyak benefit bagi pendonor yang melakukan donor darah secara rutin yaitu badan yang terasa lebih segar, dan dapat secara rutin memeriksa kesehatan, khususnya untuk empat jenis penyakit seperti HIV, Hepatitis B, Hepatitis C dan Sifilis.
Kendati diselenggarakan di lingkungan kerja IRRA tetapi kegiatan donor darah tetap mengikuti protokol Covid-19, dan patuh pada ketentuan yang diberlakukan seperti menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki area, menghindarkan terjadinya kerumunan, serta menjaga jarak baik di antara para peserta maupun pihak penyelenggara. Sebelum melakukan donor darah semua peserta akan diswab dulu, dengan menggunakan Antigen Nasal.
***
Tentang PT Itama Ranoraya Tbk
PT Itama Ranoraya Tbk adalah perusahaan publik di bidang kesehatan yang bergerak mengedepankan peralatan dan perlengkapan medis berteknologi tinggi sejak awal tahun 2000. Komitmen kami adalah menjadi penyedia layanan kesehatan yang paling andal dan selalu berorientasi pada pelanggan di Indonesia.
Komitmen tersebut terbukti dalam portofolio kami, di mana perusahaan kami telah memperoleh banyak kemitraan dengan prinsipal kesehatan terkemuka baik lokal maupun internasional seperti Oneject, Abbott, Terumo, HemoCue, BD (Becton, Dickinson and Company), dll.
Sebagai perusahaan kesehatan yang berdedikasi untuk memberikan “Solusi Kesehatan Berteknologi Tinggi,” kami selalu bertekad untuk memberikan pengalaman pelanggan yang berbeda dan terbaik. Jajaran pelanggan kami bervariasi dari sektor publik maupun swasta. Berpartisipasi dalam program kesehatan pemerintah dan mendistribusikan produk-produk berkualitas terbaik ke Lembaga Independen adalah salah satu keahlian kami sebagai perusahaan kesehatan yang terdaftar secara publik.
[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row]